Rabu, 20 November 2013

Flow Control ( Percabangan dan Pengulangan )

Flow control adalah bagian yang sangat penting dan tidak bisa di pisahkan di dalam semua bahasa pemrograman karena memiliki fungsi dan tugas utama , yaitu mengatur bagaimana baris - baris akan di eksekusi.
Pada dasarnya, baris-baris program akan dieksekusi secara sekuensial (berurutan dimulai dari baris paling atas, kemudian ke baris berikutnya). Dengan adanya flow control, kita bisa mengatur baris program dieksekusi, baik berulang-ulang meloncat, maupun berhenti.

Kondisional  : if, if-else, Switch-Case
•  Pengulangan : while, do-while, for
•  Lain-lain : break, return, continue


 1.      Operasi kondisional

         If
Statement if digunakan untuk mengeksekusi sebuah blok program jika memenuhi kondisi tertentu. Umumnya, kondisi yang perlu terpenuhi harus bernilai true agar bisa mengeksekusi blok program. Berikut kita bisa melihat sintaks dan penggunaan if.


If (kondisi )
{
 ……………Statement……….
}

Contoh program :


Outputnya :


-            If-else
Statement if-else digunakan untuk mengeksekusi blok program yang bisa menangani dua percabangan. Jika kondisi bernilai true, maka blok pertama yang akan dieksekusi, sedangkan jika kondisi bernilai false, maka blok kedua yang akan dieksekusi.

Contoh program :


Program diatas akan mengeksekusi blok pertama jika user memasukkan bilangan genap, sedangkan jika user memasukkan sebuah bilangan ganjil maka blok kedua akan dieksekusi.

Outputnya :



-           Switch-case
Statement switch-case berfungsi mengeksekusi blok program dengan membandingkan nilai suatu
variabel sebagai pilihan dalam menentukan blok yang akan dieksekusi.

Contoh program :

Program diatas akan mengeksekusi blok program sesuai dengan masukkan dari bilangan hari. Jika user memasukkan nilai 1, maka blok case 1 yang akan dieksekusi. Jika tidak ada nomor yang dimasukkan sesuai dengan nilai pada blok case, maka blok default yang akan dieksekusi.

Outputnya :


1.      Operasi Pengulangan

-            While
Statement while digunakan untuk mengeksekusi baris program dalam sebuah blok secara berulang-ulang (looping). Blok akan dieksekusi selama kondisi bernilai true.

Contoh program :


Outputnya :

-            Do-While
Statement do-while digunakan sama seperti while, yaitu untuk mengulang eksekusi baris program. Yang membedakan blok do-while dengan while adalah pada do-while pengecekan kondisi dilakukan di akhir blok sehingga blok minimal dieksekusi satu kali.

Contoh program :


Outputnya :

-            For
Statement for digunakan untuk mengeksekusi blok program secara berulang-ulang dalam range  tertentu.

Contoh program :


Outputnya :


Fibonacci
Contoh program :


Outputnya :



Terima Kasih










0 komentar:

Posting Komentar